Beranda » Harga Bitcoin Tembus Rp1 miliar lebih Lonjakan Harga Hiruk Pikuk GameStop Investasi ETF spot Bitcoin

Harga Bitcoin Tembus Rp1 miliar lebih Lonjakan Harga Hiruk Pikuk GameStop Investasi ETF spot Bitcoin

JurnalLugas.Com – Bitcoin sempat mencapai harga tertingginya, yaitu US$70.000 (sekitar Rp1,12 miliar), diiringi dengan tren positif pada produk investasi kripto yang terus mengalami arus masuk selama empat minggu berturut-turut. Peristiwa ini terjadi di tengah spekulasi memecoin yang didorong oleh hiruk pikuk saham GameStop.

Menurut laporan CoinShares International Ltd., arus masuk aset kripto mencapai US$185 juta dalam seminggu hingga 31 Mei. Selama bulan Mei, investor telah menginvestasikan dana sebesar US$2 miliar ke dalam produk investasi aset digital, termasuk ETF spot Bitcoin.

Pada hari Senin, Bitcoin berhasil melampaui angka US$70.000, yang merupakan pertama kalinya dalam seminggu. Sebagian besar mata uang kripto lainnya menunjukkan pergerakan yang bervariasi setelah mengalami kenaikan awal.

Baca Juga  Akankah Bitcoin Berjaya Lebih Rp1 miliar Ini Analisa Pergerakan Harga Bitcoin CPI serta PPI BTC

Pada Selasa (4/6/2024) waktu Indonesia, Bitcoin mencatat kenaikan harian sebesar 1,4% menjadi US$68.765,89. Dalam perdagangan selama seminggu terakhir, Bitcoin mengalami koreksi sebesar 1,1%. Pada Senin (3/6/2024) malam, Bitcoin mencapai level tertingginya selama seminggu terakhir di US$70.188.

Para pedagang mengatakan bahwa lonjakan harga ini kemungkinan besar merupakan efek limpahan dari kenaikan harga saham GameStop yang didorong oleh spekulasi di akun Reddit pada tahun 2021 terkait memecoin.

Sebuah mata uang kripto di blockchain Solana yang menggunakan nama, logo, dan ticker GameStop naik lebih dari 120% pada hari Senin, berdasarkan data dari CoinGecko. Namun, koin tersebut tidak memiliki afiliasi resmi dengan perusahaan GameStop.

Baca Juga  Ether jadi Pilihan Investor Naik di Singapura Optimisme Pasar Kripto SEC Pertimbangkan Persetujuan ETF Ether di AS

Lonjakan ini mengikuti kenaikan harga saham GameStop Corp, setelah Keith Gill, yang dikenal sebagai Roaring Kitty di platform X, memposting tangkapan layar di Reddit pada hari Minggu, menunjukkan kepemilikannya yang besar dalam saham GME. Dogwifhat, salah satu memecoin paling populer tahun ini, tidak menunjukkan banyak perubahan.

“Posisi derivatif GME yang besar yang diumumkan oleh Roaring Kitty pada Minggu malam berhasil mengkatalisasi reli di pasar kripto, dengan kenaikan signifikan pada Doge dan BTC dimulai beberapa saat setelah postingan Reddit-nya mulai beredar luas,” kata Spencer Hallarn, kepala perdagangan bebas global di GSR.

Baca Juga  DigitalX Ltd Akan Luncurkan ETF Spot Bitcoin di Bursa Saham Australia ASX Ltd

Menurut Shiliang Tang, presiden Arbelos Markets, aliran dana masuk baru di awal bulan juga turut mendorong pasar. Namun, Tang menambahkan bahwa berita terkait GME selama akhir pekan tetap menjadi kontributor utama kenaikan pasar.

Ethereum juga mencatat arus masuk minggu kedua berturut-turut, sebagaimana dilaporkan oleh CoinShares. Hal ini terjadi setelah adanya kegembiraan atas persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa yang secara langsung berinvestasi dalam Ether (ETF spot Ether) di AS.