Beranda » Anker Menarik Kembali Power Bank 321 karena Potensi Risiko Kebakaran

Anker Menarik Kembali Power Bank 321 karena Potensi Risiko Kebakaran

JurnalLugas.Com – Anker baru-baru ini mengumumkan penarikan kembali produk Power Bank 321 (PowerCore 5K, Nomor Model A1112) karena adanya kekhawatiran bahwa perangkat tersebut dapat menyebabkan risiko kebakaran. Laporan menunjukkan bahwa cacat produksi pada perangkat ini dapat menyebabkan kebakaran.

Power Bank 321, yang memiliki dua port—satu untuk USB-C dan satu lagi untuk USB-A—dikabarkan dapat menjadi terlalu panas akibat masalah pada baterai lithium-ion yang digunakan. Overheating ini berpotensi menyebabkan komponen plastik meleleh dan mengeluarkan asap, yang tentu saja berbahaya bagi pengguna.

Baca Juga  Ripple Labs Tolak Bayar Denda US$2 miliar Terhadap SEC AS Jual Cryptocurrency XRP ke Investor Institusional

Meski Anker menyatakan bahwa hanya sejumlah kecil perangkat yang terkena dampak, perusahaan ini memutuskan untuk menarik seluruh produk dari pasaran sebagai tindakan pencegahan. Perusahaan telah mengidentifikasi bahwa masalah khusus ini muncul pada produk yang diproduksi setelah Maret 2023. Namun, sebagai langkah antisipasi, mereka menghubungi semua pelanggan yang telah membeli perangkat ini.

Untuk memverifikasi apakah Power Bank 321 milik pengguna termasuk yang terkena dampak, pengguna disarankan untuk memeriksa bagian bawah perangkat. Jika tertulis “Bank Daya Anker 321 (PowerCore 5K, Hitam), Model: A1112”, maka perangkat tersebut termasuk dalam penarikan kembali.

Baca Juga  Fusion Intelligence Center StealthMole Sebut Data PDNS 2 Dihapus Peretas Brain Cipher

Anker menyarankan kepada pengguna yang memiliki perangkat tersebut untuk segera menghentikan penggunaannya dan menyimpan perangkat di tempat yang aman. Selanjutnya, perangkat tersebut sebaiknya dibuang di fasilitas yang menerima baterai lithium untuk memastikan keamanan.

Pengguna juga dapat memeriksa situs web resmi Anker untuk informasi lebih lanjut mengenai proses penarikan kembali dan langkah-langkah yang harus diambil jika perangkat mereka termasuk dalam kategori yang ditarik. Pengumuman ini disampaikan melalui PC Mag pada hari Minggu, yang menegaskan keseriusan Anker dalam menangani potensi risiko ini.