Beranda ยป Menafkahi Keluarga Rekening Diblokir Syahrul Yasin Limpo Minta Pembukaan Blokir Rekeningnya

Menafkahi Keluarga Rekening Diblokir Syahrul Yasin Limpo Minta Pembukaan Blokir Rekeningnya

JurnalLugas.Com – Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), melalui kuasa hukumnya kembali mengajukan permohonan pembukaan blokir rekening yang dimilikinya. Permohonan ini diajukan kepada Majelis Hakim dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Rabu (12/6/2024).

“Yang Mulia, mohon izin, terkait dengan apa yang pernah dimohonkan oleh klien kami, soal pembukaan rekening untuk menafkahi kehidupan keluarga. Maka, mohon berkenan kami akan menyampaikan suratnya kepada Yang Mulia untuk dipertimbangkan,” ungkap Djamaluddin Koedoeboen, kuasa hukum SYL, di hadapan Majelis Hakim.

Menanggapi permohonan tersebut, Ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh, menyatakan bahwa pihaknya tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Rianto menekankan perlunya konfirmasi dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengenai apakah rekening yang diblokir tersebut masih diperlukan sebagai barang bukti dalam persidangan.

Baca Juga  SYL Akui Beri Jam Mewah Ratusan Juta dan Uang Ke Pimpinan serta Anggota Komisi IV DPR

“Ini kan persidangan masih berlangsung, kami juga masih membutuhkan bukti-bukti tentunya kan. Tapi kalau memang sudah tidak ada relevansinya dengan pemeriksaan perkara ini dalam hal pembuktian, tentunya kami akan ambil sikap ya kan,” ujar Hakim Rianto.

Rianto juga menambahkan pentingnya mengetahui pendapat dari penuntut umum untuk memastikan apakah barang bukti yang dimaksud masih diperlukan dalam proses persidangan.

“Sehingga itu perlu penuntut umum juga mengetahui, supaya bisa di-crosscheck apakah barang bukti yang saudara ajukan ini cocok tidak dengan barang bukti yang diajukan oleh penuntut umum dalam persidangan ini. Kalau masih barang bukti dan dalam sitaan, dalam pemblokiran, masih dibutuhkan untuk pemeriksaan perkara ini. Tentunya lain ceritanya, kan gitu. Kalau ga dibutuhkan lagi, kami akan ambil sikap, begitu ya,” jelasnya.

Baca Juga  AJI dan LBH Pers Kecam Ormas Lakukan Kekerasan Jurnalis Saat Meliput Sidang Vonis SYL

Dalam kesempatan yang sama, Djamaluddin Koedoeboen menegaskan bahwa rekening yang dimohonkan untuk dibuka blokirnya tidak ada kaitannya dengan kasus tindak pidana korupsi yang tengah menjerat kliennya, SYL.

“Kami lampirkan juga semua print out bahkan juga rekening bank yang membuktikan bahwa rekening sebagaimana yang kami mohonkan untuk dibukakan itu, itu tidak ada sangkut paut dengan dugaan kejahatan tindak pidana yang tengah berjalan saat ini,” tutur Koedoeboen.

Sidang ini terus berlanjut dengan berbagai pertimbangan yang harus diputuskan oleh Majelis Hakim, terutama mengenai relevansi barang bukti yang masih diperlukan untuk proses hukum yang adil dan transparan.