Beranda ยป PDIP PKS Kompak Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta Ini Kata Cecep Hidayat

PDIP PKS Kompak Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta Ini Kata Cecep Hidayat

JurnalLugas.Com – Menurut pakar ilmu politik dari Universitas Indonesia, Cecep Hidayat, terdapat kemungkinan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan (PDIP) untuk bersaing dalam Pilkada Jakarta mendatang. Hal ini disampaikannya pada Selasa, 11 Juni 2024, di Jakarta. Cecep menjelaskan bahwa indikasi ini terlihat dari wacana yang telah dilontarkan oleh kedua belah pihak, baik dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani maupun dari pihak Anies Baswedan sendiri.

Selain itu, Cecep juga menyoroti potensi dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Anies. Ia berpendapat bahwa popularitas dan rekam jejak Anies yang positif bisa menjadi faktor pendorong. “Pada Pilpres lalu, suara Anies cukup signifikan, terutama setelah Prabowo yang kini menjadi presiden. Jadi, peluang Anies untuk mendapatkan dukungan di Jakarta cukup besar jika ia mencalonkan diri,” ujar Cecep yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Indonesian Strategic Research (ISR).

Baca Juga  Bawaslu Bungkam Baliho Pilkada Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Berpotensi Langgar Aturan

Cecep memaparkan bahwa jika koalisi antara PDIP dan PKS untuk mengusung Anies terwujud, maka potensi Anies untuk memenangkan Pilkada Jakarta sangat besar. Saat ini, PKS adalah partai terbesar di DPRD Jakarta, diikuti oleh PDIP dan Gerindra. “Bayangkan jika PKS dan PDIP bergabung, Anies akan mendapatkan dukungan politik yang sangat kuat,” kata Cecep.

Ia juga menilai bahwa kedua partai tersebut memiliki mesin politik yang efektif. Namun, ia menekankan bahwa jika koalisi ini benar-benar terbentuk, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada lagi partai dengan basis ideologi yang kuat di Indonesia. “Selama ini, PDIP terlihat sangat anti-Anies, dan ideologi PDIP berbeda dengan PKS. Jika mereka bisa bekerja sama, ini bisa menjadi hal positif bagi Indonesia, tapi bisakah mereka benar-benar bekerja sama?” tambahnya.

Baca Juga  Susun RUU Komoditas Strategis Perkebunan Baleg DPR RI Terima Aspirasi Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) serta Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia (APCI)

Cecep menjelaskan bahwa tantangan utama bagi koalisi PDIP-PKS dalam mendukung Anies adalah bagaimana kedua partai ini bisa bekerja sama secara efektif ke depannya.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengungkapkan rasa hormatnya atas ketertarikan PDIP untuk mendukung dirinya maju dalam Pilkada Jakarta. “Saya sangat menghargai, ini sebuah kehormatan yang luar biasa,” kata Anies saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, pada Sabtu (8/6).

Di sisi lain, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, juga menganggap Anies sebagai sosok yang menarik untuk maju kembali sebagai calon di Pilkada Jakarta. “Menarik juga Pak Anies,” kata Puan ketika ditanya oleh wartawan mengenai calon yang akan didukung PDIP di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (4/6).

Baca Juga  Megawati Soekarnoputri Lantik Ganjar Pranowo dan Ahok di Struktur Baru DPP PDI Perjuangan Berikut Daftar Nama Pengurus PDIP

Dengan berbagai sinyal dan pernyataan dari kedua belah pihak, tidak menutup kemungkinan bahwa dukungan PDIP dan PKS untuk Anies Baswedan akan menjadi kenyataan dalam Pilkada Jakarta mendatang.