Liga 1 Indonesia Terasa Liga Dunia PSSI akan Tambah Pemain Asing Erick Thohir Diputuskan Beberapa Hari Kedepan - JurnalLugas.Com

Liga 1 Indonesia Terasa Liga Dunia PSSI akan Tambah Pemain Asing Erick Thohir Diputuskan Beberapa Hari Kedepan

JurnalLugas.Com – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengungkapkan bahwa regulasi baru terkait penambahan jumlah pemain asing untuk klub-klub Liga 1 akan segera diputuskan dalam beberapa hari ke depan.

“Keputusan terkait penambahan pemain asing belum diambil, namun akan segera diputuskan dalam satu atau dua hari ke depan,” ujar Erick Thohir kepada media setelah acara Kongres Biasa PSSI 2024 di Jakarta pada Senin, 10 Juni 2024.

Ia menyebutkan bahwa penambahan tersebut berkaitan dengan rencana PSSI untuk memperbolehkan delapan pemain asing bermain di setiap klub Liga 1 pada musim 2024/2025. Pada musim 2023/2024, klub-klub Liga 1 diperbolehkan menggunakan enam pemain asing, yang terdiri dari lima pemain dari Eropa dan satu pemain dari Asia.

Baca Juga  Barito Putera Bermain Imbang Tanpa Gol dengan PSIS di Liga 1 Indonesia di Stadion Sultan Agung Bantul

PSSI sedang mempertimbangkan penambahan kuota pemain asing sebanyak dua orang, sehingga total pemain asing yang dapat direkrut menjadi delapan orang untuk musim berikutnya.

Erick menjelaskan bahwa pihaknya memberikan waktu kepada penyelenggara liga dan klub untuk melakukan evaluasi. Ia menambahkan bahwa ini juga terkait dengan aturan terbaru dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengenai penambahan kuota pemain asing di kompetisi Asia.

“Kami memberikan kesempatan kepada penyelenggara liga dan klub untuk melakukan evaluasi. Yang terpenting, kami mendukung,” ujarnya.

Baca Juga  Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Jepang vs Korea Utara Dipastikan Batal

Erick juga menekankan bahwa yang paling penting adalah bagaimana liga dan klub-klub harus menjalankan transformasi, seperti yang dilakukan PSSI dalam mendorong transformasi di asosiasi provinsi (asprov).

Dengan adanya regulasi baru ini, diharapkan klub-klub Liga 1 dapat lebih kompetitif di kancah nasional maupun internasional, seiring dengan peningkatan kualitas pemain yang mereka miliki. Keputusan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan sepak bola di Indonesia secara keseluruhan.