Di Bursa Malaysia Harga CPO pada Akhir Pekan Melonjak Namun Turun Sepanjang Minggu

JurnalLugas.Com – Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) menunjukkan peningkatan pada perdagangan akhir pekan lalu. Meskipun demikian, secara keseluruhan harga komoditas ini mengalami penurunan yang cukup signifikan sepanjang minggu.

Pada Jumat, 7 Juni 2024, harga CPO di Bursa Malaysia untuk kontrak pengiriman Agustus tercatat sebesar MYR 3.976 per ton. Ini menandakan kenaikan sebesar 0,4% dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Read More
Baca Juga  Ratusan Mobil Listrik China Pesanan Konsumen BYD telah Tiba Hari ini

Namun, jika dilihat sepanjang minggu lalu, harga CPO mengalami penurunan sebesar 2,53%. Meski demikian, dalam periode sebulan terakhir, harga CPO masih menunjukkan tren kenaikan sebesar 2,77%.

Kenaikan harga minyak nabati pesaing, seperti minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari, turut berkontribusi dalam peningkatan harga CPO.

Pada akhir pekan lalu, harga minyak kedelai di bursa Dalian, China, melonjak 1,8%, sementara harga minyak biji bunga matahari naik 0,52%.

Ketika harga minyak nabati pesaing meningkat, daya tarik penggunaan CPO juga bertambah, yang pada akhirnya meningkatkan permintaan dan mendorong kenaikan harga.

Related posts